RoJoe.com Business Site

Business Informations Tips. Menyajikan info tentang bisnis online, internet marketing, website, blogging, seo, dan lain sebagainya

Saturday 16th December 2017

10 Cara untuk Mempercepat Google Menelusuri dan Mengindex Website Bisnis Online Anda

10 Cara untuk Mempercepat Google Menelusuri dan Mengindex Website Bisnis Online Anda
Google Crawl Index (image from ShoutMeLoud)

Google Crawl Index

Google Crawl Index (image from ShoutMeLoud)

10 Cara untuk Mempercepat Google Menelusuri dan Mengindex Website Bisnis Online Anda

Tidak di pungkiri, Google merupakan search engine yang banyak di pakai untuk melakukan searching atau pencarian sesuatu di Internet. Dan hampir 75% pemakai internet di Indonesia menggunakan Google sebagai sarana pencarian. Site crawling atau penelusuran link-link pada site anda yang di lakukan oleh search engine seperti google, yahoo, bing, yandex, baidu merupakan aspek yang penting dalam hal SEO. Semakin banyak terindexnya website bisnis nda semakin banyak kemungkinan website bisnis online anda di kunjungi oleh visitor.

Berikut 11 Cara untuk mempercepat google menelusuri dan mengindex website bisnis online anda.

1. Update website anda secara regular content website bisnis anda.

Content atau artikel adalah hal terpenting dalam kriteria yang digunakan oleh search engine. Website yang secara konstant mengupdate content akan disukai oleh search engine. Tetapi harus dilihat juga kontent yang di tulis di website online bisnis anda. Konten yang benar-benar disukai oleh search engine adalah konten yang benar-benar fresh dan tidak merupakan duplikat kontent. Jika anda memang ingin menggunakan duplikat konten atau copy paste dari web orang usahakan di tulis lagi dengan menggunakan bahasa anda.

jadi mudahnya website bisnis online yang secara regular mengupdate fresh kontent akan memiliki kemungkinan lebih cepat diindex oleh google. Dengan fresh konten tentunya.

Seberapa sering anda harus mengupdate kontent anda?

Banyak website melakukan update kontent setiap hari. Tetapi anda bisa melakukan update konten 3 kali seminggu dengan mengisikan video streaming, audio streaming. Dan anda bisa mengisikan pengalaman pribadi anda di blog anda.

2 . Server with Good Uptime

Gunakan webhosting dengan uptime yang bagus. Website dengan menggunakan webhosting yang selalu gangguan dan bermasalah akan menyebabkan google malas untuk berkunjung dan menelusuri link-link dari website anda. Seperti misalnya kita punya rumah dan selalu tertutup rapat. Apakah kenalan atau tetangga atau ketua RT akan berkunjung kerumah anda? Seperti itulah website yang menggunakan webosting yang selalu down akan lebih jarang dikunjungi oleh search engine. Dan mungkin saja website anda akan berhenti dikunjungi oleh search engine. Sehingga menyebabkan Rate index website anda di google akan menurun.

Jadi pergunakan dan carilah webhosting yang memberikan garansi 99% uptime. Banyak kok webhosting yang memberikan jaminan ini.

3. Buat sitemap untuk website anda.

Buat sitemap untuk website anda. Banyak tools yang menyediakan sarana untuk membuat sitemap. Jika website bisnis online anda menggunakan wordpress, anda bisa menggunakan Google XML Sitemap Plugin. Submin sitemap anda ke google webmaster tools. Jangan melakukan submit dan ping berkali-kali untuk website anda ke search engine. Dengan melakukan ping berkali-kali ke search engine website anda akan dikategorikan sebagai spam. Dan ini akan mengurangi rate crawling search engine ke website anda.

4. Hindari duplikat konten.

Duplikat konten mengurangi rate crawl search engine ke website anda. Search engine sekarang sudah bisa menentukan bahwa sebuah website memiliki duplikat konten. Dengan duplikat konten menyebabkan website anda akan semakin jarang dikunjungi oleh search engine. Duplikat konten juga akan mendapatkan warning dan mungkin saja mendapatkan ban dari google. Duplikat konten juga menyebabkan rangking dari website anda aan menurun.

Anda harus membuat fresh konten dan relevan dengan kategori website anda. Konten dapat berupa artikel, video, ataupun audio. Jadi updatelah konten website anda dengan fresh konten dan bukan merupakan duplikat kontent. Hindari duplikat konten. Dan ayo menulis dengan kata-kata sendiri dan bahasa kita sendiri yang tentunya dimengerti oleh kita semua sebagai pembaca.

5. Kurangi waktu loading dari website

Jika anda memiliki website dengan loading yang lama, ini juga akan mengakibatkan google malas berkunjung ke website anda. Jangankan google, kita sebagai pembaca pun akan malas dan langsung menutup website yang memiliki waktu loading yang lama. Caranya adalah dengan melakukan kompres gambar-gambar atau image yang ada di website anda, minify css, gunakan theme yang ringan, pilih server yang dekat dengan lokasi visitor anda dan banyak cara lainnya yang bisa anda lakukan untuk mempercepat loading dari website anda.

6. Block access ke halaman yang tidak diinginkan via Robots.txt

Blok akses ke halaman yang tidak diinginkan seperti dashboar admin (wp-admin) dan halaman-halaman yang tidak anda ingin orang lain untuk membukanya. Dan juga tidak terlalu penting jika google mengakses halaman seperti dashboard admin. Jadi bloklah halaman-halaman yang tidak ingin anda expose. Lakukan bloking  melalui robot.txt

7. Monitor and Optimize Google Crawl Rate

Anda dapat mengatur google crawl rate website anda di google webmaster tools. Anda bisa mengeset dan setting google crawl rate dari dashboard webmaster tools. Untuk melakukan setting ini tujulah halaman crawl stat and analyze. Aturlah disana.

8. Gunakan Ping Service

Melakukan ping website anda adalah cara yang bagus untuk mempercepat crawling website anda. Ping website anda dan beritahu bot pencari bahwa website anda telah terupdate kontennya. Banyak website menyediakan layanan ping ini. Seperti Pingomatic. Di wordpress anda dapat menambahkan ping list di halaman dashboard anda. Tambah dan perbanyak ping list di website anda.t post.

9. Pasang link-link ke halaman lain.

Dengan memasang link ke halaman lain bukan hanya mempermudah pembaca untuk membaca halaman anda, tetapi juga mempermudah bot google untuk menelusuri halaman-halaman lain dari website anda. Isikan link di halaman baru anda dengan link-link halaman lama anda. Jika anda menulis dan menambah conten di website anda tambahkan link-link konten lama anda dan tentu saja link tersebut harus relevan dengan konten baru anda.

10. Image jangan lupa untuk di optimasi.

Mesin pencari tidak bisa membaca image secara langsung. Jika anda menggunakan image usahakan ntuk menambahkan alt tags, descriptions dari image anda. Jika anda menggunakan wordpress anda bisa menambahkannya pada saat menambahkan image ke postingan anda. Dengan menambahkan ini maka mesin pencari akan mudah mengindex image anda. Dan jangan lupa image anda di kompress sehingga loading time website anda menjadi lebih cepat.

Tags: ,

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply